MANFAAT PEGAGAN

 

/(centella asiatica) yang berasal dari Asia ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berbunga sepanjang tahun.

Tanaman ini terdiri atas dua jenis, yaitu pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan juga disebut sebagai makanan otak karena dipercaya dapat meningkatkan IQ kemampuan belajar, serta memori. Selain itu, juga menanggulangilemah mental pada anak-anak.

Karena khasiatnya, kini pegagan dimanfaatkan diseluruh dunia. Namun, negarar-negara Eropa dan Amerika menganjurkan agar seseorang yang berusia di bawah 19 tahun tidak mengonsumsi pegagan. Tumbuhan ini diolah dengan berbagai cara sehingga dapat dikonsumsi dalam bentuk herbal kering. herbal segar, bahkan salep.

Istimewanya, seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan. Pengobatan dari dalam dan pengobatan dari luar kerap memanfaatkan pegagan. 

Kandungan Pegagan:

Didalam pegagan terkandung cukup banyak senyawa kimia. Beberapa diantaranya adalah.:

Triterpenoid
Senyawa ini adalah senyawa yang paling penting dari tanaman pegagan. Triterpenoid befungsi meningkatkan fungsi mental lebih baik dan memberi efek menenangkan. Kandungan ini juga dapat merevitalisasi pembuluh darah sehingga mempelancar peredaran darah menuju otak.

Asiaticoside
Senyawa ini masih bagian dari triterpenoid. Fungsinya menguatkan sel-sel kulit dan meningkatkan perbaikannya, menstimulasi sel darah dan sistem imun, dan tergolong sebagai salah satu jenis antibiotik yang alami.

Brahmoside
Senyawa ini berfungsi untuk mempelancar aliran darah.

Brahminoside
Senyawa ini merupakan protein penting bagi sel otak.
Pegagan juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, seng, tembaga, batakaroten, vitamin B1,B2,B3,C.

Pegagan kaya antioksidan, terutama melawan  radikal bebas. Senyawa radikal  pencetus penyakit degeneratif seperti kanker, kencing manis, gangguan jantung, stroke dan parkinson. Antioksidan menyokong dan memperkuat kelangsungan sistem imun.

Beberapa manfaat dari tanaman pegagan:
1.Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan, mengandung senyawa karetenoid dan asiatikosida. Senyawa ini dapat merangsang produksi enzim antioksidan dalam tubuh. Menurut riset di Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, menyebutkan sifat asiatikosida yang terdapat dalam pegagan juga dapat merevitalisasi pembuluh darah,  membantu kelancaran sirkulasi oksigen dan nutrisi serta melindungi kerusakan sel-sel otak.
2.Antihipertensi, Menurut penelitian tiga golongan senyawa pada ekstrak pegagan yaitu asiatilkosida, fenol berefek hipotensif (penurun tekanan darah).
3.Meningkatkan ketajaman mata (visus), mengandung karotenoids yang dapat membantu mempertajam pandangan mata. Karotenoid tidak dapat digantikan dengan vitamin A,  karena vitamin A yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan, tetapi karotenoids akan diubah tubuh menjadi vitamin A sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu kelebihan karotenoids tidak membahayakan kesehatan mata.
4.Menambah kesuburan wanita
5.Sebagai anti lepra, manfaat lain dari senyawa asiatikosida. 

Khasiat dan kegunaan : Secara tradisional digunakan untuk membantu sirkulasi darah dan sebagai nutrisi otak.
 
Selain manfaat tersebut di atas, Pegagan mempunyai mnfaat lain, diantarany ;

Darah tinggi
Ambil 20 lembar daun pegagan kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga menjadi 3/4-nya. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Demam
Segenggam daun pegagan segar ditumbuk hingga halus, kemudian ditambah sedikit air dan garam, lalu saring. Airnya diminum pagi-pagi sebelum makan.

Wasir
Ambil 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya, lalu direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Minum air rebusan ini secara rutin selama beberapa hari.

Bisul
Cara pertama, sediakan 30 gram - 60 gram pegagan segar. Cuci bersih lalu direbus, dan air rebusannya diminum. Cara kedua, pegagan segar dicuci bersih, kemudian dilumatkan dan ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit.

Batuk darah, muntah darah, mimisan
Ambil 60 - 90 gram pegagan segar lalu direbus atau diperas, kemudian airnya diminum.

Mata merah, bengkak
Daun pegagan bisa juga dijadikan sebagai obat tetes mata. Caranya pun cukup mudah. Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan, diperas, airnya disaring. Teteskan ke mata yang sakit 3-4 kali sehari.

Batuk kering
Ambil segenggam penuh pegagan segar, kemudian dilumatkan, dan peras airnya. Tambahkan air dan gula batu secukupnya. Kemudian minum ramuan tersebut sekaligus.

Menambah nafsu makan
Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun pegagan tersebut sehari 1 gelas.

Manfaat teh daun pegagan
Teh daun pegagan segar berkhasiat untuk membangkitkan nafsu makan, menyegarkan badan, menenangkan, menurunkan panas, batuk kering, mengeluarkan cacing di perut, mimisan.

Manfaat lalap pegagan
Lalaban pegagan segar berkhasiat Membersihkan darah, terutama pada bisul, tukak berdarah. Memperbanyak empedu, sehingga memperbaiki gangguan pencernaan.

Susah kencing
Jika Anda mengalami susah kencing, ambil 30 gram pegagan segar. Lumatkan atau tumbuk halus. Ramuan tersebut ditempelkan di sekitar pusar.

Lepra
Ambil 3/4 genggam pegagan dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 3/4 -nya. Saring, setelah dingin, airnya diminum sehari 3 kali 3/4 gelas.

Campak
Untuk mengobati penyakit campak, ambillah 60 -120 gram pegagan, cuci bersih lalu direbus. Kemudian air rebusannya diminum.

Pembengkakan hati (liver)
Ambil 240 gram - 600 gram pegagan segar, kemudian direbus. Setelah dingin, air rebusannya minum secara rutin.